Co-Working Barito Teras

Office Container Lantai 2
Unit No. 2-1 Jl. Lamandau IV No. 16 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12130

Follow us on IG

@plustik.id

Send Your Mail

[email protected]

100.000 Paving Block Hasil Daur Ulang Tas Koper Samsonite Lindungi Taman Wisata Mangrove

Liputan6.com, Jakarta Melanjutkan kesuksesan dari program ikonik Samsonite, Luggage Trade-in yang mengajak pelanggan untuk menukarkan koper favorit mereka dan menikmati harga spesial dari Samsonite NIAR, ENWRAP, dan VOLANT pada 7 September – 9 Oktober lalu, Samsonite – brand koper, perlengkapan, dan aksesori perjalanan terbesar menutup program ini dengan mendaur ulang bahan plastik menjadi paving block dan memasangnya untuk melindungi mangrove di Taman Wisata Mangrove PIK, Jakarta Utara.

Hal tersebut menjadi penutup dari program Luggage Trade-in yang menjadi strategi Samsonite dalam menerapkan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) secara menyeluruh selama tahun 2022.

Tahun ini, Samsonite Indonesia kembali melanjutkan kerjasamanya dengan Yayasan WWF Indonesia, yang bermitra dengan organisasi lingkungan lokal, PlusTik dan Robries Gallery. Produksi upcycle dan pemasangan paving block merupakan bukti komitmen dalam memainkan peran demi mendukung kelestarian lingkungan.

Dari total seluruh koper yang terjual pada program Luggage Trade-in tahun ini, terdapat lebih dari 600 koper preloved yang memenuhi syarat program daur ulang oleh PlusTik – sehingga berhasil membuat 100.000 paving block yang mencakup area sekitar 1.000 meter persegi di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara dan turut menjadikan kampanye ini sebagai salah satu yang tersukses dengan memberikan dampak yang signifikan pada taman mangrove.

Program ini juga menjadi wadah bagi Samsonite untuk mendonasikan Rp 100.000 dari setiap koper yang berhasil terjual kepada Yayasan WWF Indonesia melalui ‘Signing Blue Program’ yang berfokus pada perlindungan sumber daya alam dan mendorong adanya sistem wisata bahari yang bertanggung jawab di Indonesia. Secara keseluruhan, donasi dari program Luggage Trade-in tahun ini mencapai Rp 720.000.000.

Program Luggage Trade-in adalah bagian dari strategi jangka panjang Samsonite, yang berfokus pada perjalanan yang komprehensif – mulai dari bagaimana produk Samsonite dibuat untuk bertahan lama; bagaimana perusahaan memainkan perannya dalam mengurangi dampaknya terhadap planet ini serta bagaimana memastikan keterlibatan orang-orang, mitra, dan komunitasnya untuk turut mendapat manfaat dari proses bersama ini.

Melalui program Luggage Trade-in, menjadi penyeimbang dari budaya throwaway, dengan menggunakan inovasi penting untuk menemukan cara menggabungkan sumber material yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Samsonite juga bekerja sama dengan organisasi pemerhati lingkungan lokal, PlusTik dan Robries, untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah lingkungan dan mendorong lebih banyak lagi orang yang akan memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan.

Sumber : https://www.liputan6.com/on-off/read/5155219/100000-paving-block-hasil-daur-ulang-tas-koper-samsonite-lindungi-taman-wisata-mangrove